- PEREKRUTAN (Recruitment)
- SELEKSI
Terdapat dua tahap yang harus di lalui untuk lulus seleksi yaitu, ujian (testing) dan pusat penilaian (assessment centers). Tujuan dari testing adalah untuk meningkatkan keberhasilan pemilihan sumber daya manusia yang sesuai bagi organisasi kewirausahaan.
- PELATIHAN (Training)
- PENILAIAN HASIL KERJA
Secara umum, pengertian sumber daya manusia dapat dibagi menjadi dua, yakni sumber daya manusia secara makro dan mikro. Pengertian sumber daya manusia makro adalah jumlah penduduk usia produktif yang ada di sebuah negara, sedangkan pengertian sumber daya manusia mikro lebih mengerucut pada individu yang bekerja pada sebuah institusi.
MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN
- Melalui pelatihan.
- Pendidikan.
- Pembinaan.
- recrutment
- Melaluui Perubahan sistem.
MEMAHAMI MOTIVASI
Motivasi diibaratkan sebagai jantungnya manajemen karyawan. Motivasi merupakan dorongan yang membuat karyawan melakukan sesuatu dengan cara dan untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak ada keberhasilan mengerjakan sesuatu, seperti mengelola karyawan, tanpa adanya motivasi baik dari manajer maupun dari karyawan. Manajer membutuhkan ketrampilan untuk memahami dan menciptakan kondisi dimana semua anggota tim kerja dapat termotivasi. Ini tantangan besar karena tiap karyawan memiliki perbedaan karakteristik dan respon pada kondisi yang berbeda.
Sementara, kondisi itu sendiri termasuk jenis masalah selalu
berubah-ubah sepanjang waktu. Semua itu sebagai prasyarat mencapai
motivasi karyawan yang efektif yang didukung lingkungan manajemen dan
kepemimpinan yang nyaman. Sebaliknya karyawan yang tidak memiliki
motivasi dicirikan antara lain oleh sering stres, sakit fisik, malas
bekerja, kualitas kerja rendah, komunikasi personal yang kurang, dan
masa bodoh dengan tugas pekerjaannya
BENTUK BENTUK KOMUNIKASI
- Komunikasi Intrapersonal
- Untuk mengembangkan kreatifitas imajinasi, memahami dan mengendalikan diri serta meningkatkan kematangan berfikir sebelum mengambil suatu keputusan.
- Komunikasi ini akan menjadikan seseorang agar tetap sadar akan kejadian disekitarnya.
- Komunikasi Interpersonal
Sumber:- Wiratmo, Maskur. Pengantar Kewiraswastaan-kerangka dasar memasuki dunia bisnis. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta. 1996
- Rheinald, Khasali . Modul Kewirausahaan. 2010
- Tb Sjafri Mangkuprawira dan Aida Vitayala Hubeis,2007, Manajemen Mutu SDM,PT Ghalia Indonesia,Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar